Thursday 7 August 2014

Cara Membuat Satu Halaman Posting menjadi Beberapa Halaman

Pernah baca artikel di situs Merdeka.com nggak? Atau mungkin di situs Detik.com? Kalau pernah, pasti anda juga pernah menjumpai satu halaman posting yang terbagi menjadi beberapa halaman. Artikel tersebut sebenarnya cukup panjang, tapi dibagi-bagi hingga 4-5 halaman, sehingga terlihat lebih pendek dan ringkas.

Halaman posting tersebut sering disebut dengan Pagination Pages di WordPress. Halaman yang dibuat seperti itu, bisa meningkatkan jumlah pageview lho. Wow sepertinya menarik juga. Tentu anda pasti seneng kan kalau jumlah pageview blog yang bisa tinggi? Yupz, berarti sama dengan saya. Untuk itu, tidak ada salahnya apabila kita sekali-kali menerapkan trik ini. Oh iya, sampai lupa. Trik ini hanya bisa dipraktekkan untuk blog berplatform WordPress Selfhosted, WordPress.com, Blogdetik, dll. Dan maaf...untuk Blogspot ternyata tidak bisa.
Cara Membuat Satu Halaman Posting Menjadi Beberapa Halaman
Image by Merdeka.com

Untuk membuat halaman yang terbagi-bagi menjadi beberapa halaman ternyata tidaklah sulit. Kita hanya perlu menambahkan sedikit kode script saat kita membuat posting baru di blog kesayangan kita. Namun, halaman yang ditampilkan nantinya bentuknya tidak sama dengan situs Merdeka.com. Akan tetapi nanti hasil nya lebih sederhana, yakni berupa angka 1, 2, 3, dan seterus nya.


1. Silahkan log in di Blog WordPress anda dengan menggunakan username dan pasword anda masing-masing

2. Silahkan klik menu Post dan kemudian klik sub menu Add New (buat Entri baru)

3. Silahkan anda buat artikel yang panjang. Saran saya sebaiknya jumlah tulisan sekitar 1.000 kata atau lebih.

4. Setelah anda selesai menulis artikel baru, silahkan anda edit. Silahkan lihat menu tab Visual dan Text. Silahkan anda klik yang menu Text di Entri Baru tersebut.

5. Silahkan pilih paragraf mana yang ingin anda pisah menjadi halaman sendiri. Yakni dengan cara menambahkan kode <!–nextpage–> diantara paragraf.

6. Setelah itu, silahkan anda klik tombol Terbitkan/Publish dan lihat hasilnya.


Anda bisa membuat satu posting menjadi beberapa halaman sampai 5,6,7, dan seterus nya apabila tulisan anda benar-benar panjang.
Saya kira cukup sekian dulu perjumpaan kita kali ini terkait dengan Cara Membuat Satu Halaman Posting menjadi Beberapa Halaman di Blog. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk anda sekalian.